Monday, July 29, 2013

Konkotomy atau operasi pengecilan konka atau turbinate


Pengalaman Konkotomy atau Operasi pengecilan Konka (Turbinate)




Libur kuliah tiba tapi gak bisa liburan karena ada masalah dengan hidung saya. Awalnya saya kira itu karna sinusitis & polip tapi setelah dicari2 infonya kok agak beda dengan kondisi saya sekarang, jadilah saya periksa ke salah 1 RSUD di Jakarta.
Setelah diperiksa ternyata di diagnosis Hipertrofi Konka Inferior, bukan tumor kok, gak berbahaya cuma mengganggu jalan nafas kata dokternya.Wah bersyukur banget. Katanya gara2 alergi aja.

Apa itu Hipertrofi Konka? baca di post sebelumnya di sini Apa itu Hipertrofi ( pembesaran ) Konka?

Tahap Pengobatan
  •  Alternatif I dari dokter coba dikecilin dulu pake obat2an diantaranya antihistamin, anti inflamasi steroid (AIS) & nasal spray yg harganya hampir 200rb. Untung pake Askes jadi gratis hehe....setelah 2 minggu cuma ada sedikit perubahan alhasil nasal spray diganti lagi sama yang lebih keras dengan harga yang lebih juga tapi gratis karna askes hehe. Hasilnya lebih ngefek sih tapi tetep kurang memuaskan menurut dokter.
    Setelah itu dites dengan pemberian Adrenalin untuk membedakan konka & polip. Kalo konka tuh mengecil jika di beri Adrenalin dan kalo polip gak ngecil kata dokter THT dan 2 calon dokter yang lagi belajar disitu - saya jadi bahan praktek, bangga juga sih berbagi penyakit supaya calon2 dokter itu tau dan ngerti-
  • Alternatif II karna gak bener2 pulih akhirnya diputuskan untuk konkotomy :oh NO! operasi, takut jg sih hehe tapi... Mau gak mau harus  
(Oh ya... Sebelum Operasi saya juga mencari opsi ke2 di RS Swasta di Bekasi, Diagnosisnya sama malah langsung disuruh dan opname operasi hari itu juga hahaha)

Q&A:
  • Konkotomy itu apa? 
Operasi pengecilan konka ( dikecilin loh ya, bukan dipotong habis )
  • Kok gak dibuang aja kayak amandel biar gak tumbuh lagi?
Gak boleh! Semua orang punya dengan ukuran normal dan Dia punya fungsi untuk mengatur suhu udara yg kita hirup so kalo dibuang ..... (isi sendiri)
* suhu tubuh 37°C dan suhu udara kamar +/- 27°C *


  • Sakit gak pas operasi?
Gak lah~ kan bius total. Paling nyut2an sedikit aja abis efek bius hilang. Oh ya ada bengkak sedikit.
'NB: bagi yang sering begadang mungkin anda akan di bius 2x karena dosis biasa gak akan mempan '
  • berdarah gak?
Pas dioperasi pasti berdarah tapi kalau sudah selesai gak ada darahnya karna ditampon kurang lebih 3 hari paling cuma keluar kayak air gitu kecuali kalo abis operasi udah lari2 berdarah lah~
  • opname berapa hari?
Cuma 2 hari bagi yang tidak ada penyakit lain seperti asma dan maag dll.
1 hari sebelum operasi nginep untuk persiapan operasi seperti cek darah, puasa dan infus. 
Besoknya operasi cuma 1 jam-an, cuma agak lama persiapannya dan nunggu sadar dan dijemput suster buat balik ke kamar rawat inap.

  • Abis di Operasi bisa kambuh lagi gak?
Kemungkinan untuk kambuh lagi Ada, bila pembesaran konka di sebabkan oleh alergi so ketahui dan jauhilah faktor alergi Anda.

  • Biaya Operasi berapa?
Kalau tanpa Askes hampir 4juta untuk RSUD kamar kelas I sudah termasuk Biaya Operasi + Dokter (Spesialist THT & Anastesi) untuk 3 hari, sedangkan jika dengan Askes hanya membayar +/- 1,4 juta selama 3 hari.


44 comments:

  1. apakah saudara tidak mengalami masalah lagi sampai saat ini pasca operasi. soalnya beberapa kabar ada yang kambuh setelah 6bulan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puji Tuhan Sampai saat ini kondisi saya baik, tidak seperti dulu saya tidak dapat lepas dari sapu tangan dan tissue :-)

      Delete
  2. Saya baru menjalani konkotomy, apa yg saudara alami sama seperti saya, pasca operasi kepala sakit seperti flu berat??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puji Tuhan setelah lepas tampon saya tidak mengalami keadaan seperti itu :)
      Saran saya coba hindari faktor alergi anda sebisa mungkin

      Delete
  3. Saya baru menjalani konkotomy, apa yg saudara alami sama seperti saya, pasca operasi kepala sakit seperti flu berat??

    ReplyDelete
  4. Apakah ada bekas di hidung setelah operasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada bekas luka karena tidak dilakukan pembedahan dari luar...
      alat operasi nya dimasukkan melalui lubang hidung tanpa menembus kulit luar...

      Delete
  5. Apakah ada bekas di hidung setelah operasi?

    ReplyDelete
  6. Sy baru menjalani konkoplasty akhir januari 2015, di rsup sardjito, biaya utk kelas 2, total 17jt..
    Namun skrg masih pusing2, meler dan muntah. Baru mau konsul tht lg. Apakah anda post ops sdh bnr2 sembuh total???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puji Tuhan Sampai saat ini kondisi saya baik dan tidak mengalmi pusing2, bahkan muntah....
      dulu saya tidak dapat lepas dari sapu tangan dan tissue sekarang asal faktor pencetus seperti debu dan udara dingin di hindari saya tidak meler, kalo meler pun tidak parah seperti dulu...

      Nb saran saya anda menggunakan bpjs untuk meringankan biaya pengobatan

      Delete
  7. dokter yg menangani specialkyuu1712 pas oprasi siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa kasus hyper concha telinga jg mendengung

      Delete
    2. Apa kasus hyper concha telinga jg mendengung

      Delete
    3. Saya tidak merasakan hal tsb

      Delete
  8. Kemarin saya baru mengalami operasi pengecilan konka di RSHS Bandung, tapi saya tidak diopnam saya datang hari itu dan dioperasi ditempat (menggunakan bius lokal). Saya pun sama mdngalami pusing dan sdperti flu berat tapi setelah itu saya selalu demam tinggi di malam hari, apakah kalian juga begitu?

    ReplyDelete
  9. Ada gak resiko pendarahan yang dapat menyebabkan kematian saat operasi konka.kemarin saya belum siap untuk melakukan hal tsb.mungkin konka saya terlalu parah sehingga harus dipotong.apa benar bgitu.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat dijelaskan dokter dulu beliau mengatakan sebenarnya ini merupakan operasi kecil yang tidak telalu perlu di takutkan akan tetapi bila ada penyakit lain sebagai penyerta pemberat ada kemungkinan komplikasi.

      Delete
    2. Saat dijelaskan dokter dulu beliau mengatakan sebenarnya ini merupakan operasi kecil yang tidak telalu perlu di takutkan akan tetapi bila ada penyakit lain sebagai penyerta pemberat ada kemungkinan komplikasi.

      Delete
    3. halo mau nanya donk sjauh ini konkanya apakah ada pembengkakan lagi?

      karna saya dulu sempat melakukan reduksi konka 3.5 thn yg lalu, akhir2 ini mampet, dan sudah 1 bulan mampet.

      Delete
  10. Kalau bole tau di rumah sakit mana qm op konka nya say?

    ReplyDelete
  11. ada perubahan fisik hidung apa gak setelah oprasi?
    mw oprasi tp agak takut kalau membekas.

    ReplyDelete
  12. ada perubahan fisik hidung apa gak setelah oprasi?
    mw oprasi tp agak takut kalau membekas.

    ReplyDelete
  13. Apa setelah operasi ada bekas atau sisa konka yg direduksi di dalam hidung?

    ReplyDelete
  14. Kak apa pembekakan konka menyebabkan sering mimisan jg?

    ReplyDelete
  15. Kak apa pembekakan konka menyebabkan sering mimisan jg?

    ReplyDelete
  16. Saya juga memiliki penyakit yang sama, namun berbeda cara penyembuhanny. http://www.rifalnurkholiq.com/2016/12/hipertrofi-konka-pengalaman-sembuh.html

    ReplyDelete
  17. Operasi di RS mana,siapa dokter yg menangani? & terima BPJS tidak?
    Terima kasih gan

    ReplyDelete
  18. Operasi di RS mana,siapa dokter yg menangani? & terima BPJS tidak?
    Terima kasih gan

    ReplyDelete
  19. Operasi di RS mana,siapa dokter yg menangani? & terima BPJS tidak?
    Terima kasih gan

    ReplyDelete
  20. setelah operasi hidung diperban dalamnya itu nafasnya gimana gan apa ada sela diperban udara bisa masuk atau total dari mulut,,,

    ReplyDelete
  21. Juga alami kaya gitu , konka alhamdullilah sekarang sudah mengecil , pakai herbal tetes hidung

    ReplyDelete
  22. Apakah ada larangan beraktivitas seperti saya ini? Kalo ada kakak kakak atau abng abng berapa lama ya sampai bisa beraktivitas seperti biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu waktu seminggu setelah operasi aja takut tamponnya copot terus berdarah, setelah itu gak ada pantangan cuma kalau tempat berdebu harus pakai masker

      Delete
  23. Saya baru mau akan operasi konka. Selama operasi dan setelah operasi apakah terasa sakit??

    ReplyDelete
  24. Pas di copot tampon nya sakit gak ?
    Kl sakit apa boleh dibius saat pencopotan ??

    ReplyDelete
  25. Setelah operasi sudah baikan mba?

    ReplyDelete
  26. operasi pengangkatan konka dirshs oleh dokter siapa ya? (Yg post diatas)

    ReplyDelete
  27. Saya baru aja operasi konka 24 feb 2020..di rumah sakit tzu chi dengan dok sp tht kl ..dokter oppy..sekarang sy masih proses pemulihan .sekarang masih pilek mampet ringan karena efek operasi mungkin.tanggal 29 feb 2020 mau kontrol pertama pasca operasi..sy berdoa kiranya ini operasi pertama dan terakhir setelah sy menderita konka hipertrofi selama 4 tahunan..yg penting setelah ini jaga kesehatan dan jauhi faktor alergi..meskipun bingung juga alergi apa aja..pokoknya dluar rumah biasakan pakai masker..buat yg mau tanya di blog ini .makasih ud ada tempat share blog ini dibuat..tanpa mengurangi rasa hormat kepada yg penulis blog. sy lampirkan wa saya 0838.0750.5197,sy pun masih butuh share tukar pikiran dan pengalaman pasca operasi konka ini..terima kasih

    ReplyDelete
  28. Mohon maaf sebelum nya sy lampirkan no wa saya.karena sy jarang buka goggle ..terutama buka buka link comment gitu maklum agak gaptek..hatur nuhun..

    ReplyDelete

Please Remember to Comment Here, Thank You